Kamis, 31 Mei 2012

Cara Membuat Postingan Blog Keren dan Nendang


Membuat Postingan Blog Keren
Bagaimana membuat postingan yang keren dan nendang ke pengunjung blog? Begitulah pertanyaan beberapa kawan tentang kesulitan membuat tulisan yang memancing pengunjung datang ke blog mereka. Bukan hanya blogger pemula yang menemui kesulitan ini. Blogger kawakan pun tak jarang menjumpai masalah yang sama.

Pertanyaan itu sbetulnya sama saja dengan pertanyaan bagaimana menulis yang bagus. Jawabannya, ya. Gampang-gampang susah. Tapi bukan tak mungkin hal itu dipelajari. Saya akan berbagi sedikit tip tentang Bagaimana Membuat Postingan Keren dan nendang.

Pertama-tama, tentu saja membuat judul yang dahsyat-alasan terpenting pengunjung tertarik dan membaca tulisan anda. Tanpa judul yang menggoda dan memancing perhatian, pengunjung kemungkinan besar akan melewatkan isi tulisan berikutnya dan seluruh pekerjaan anda jadi sia-sia. Kecuali anda memang sudah dikenal sebagai blogger kondang dan jago menulis “contoh seperti ini Tutorial Blog 2011 .


"Tanpa judul yang menggoda dan memancing perhatian, pengunjung kemungkinan besar akan melewatkan isi tulisan berikutnya dan seluruh pekerjaan anda sia-sia."


Judul itu penting karena statistik menunjukkan 8 dari 10 orang mula-mula memperhatikan judul posting, tapi hanya 2 dari 10 orang yang akan meneruskan membaca seluruh tulisan setelah itu. Judul yang kuat akan menentukan efektivitas seluruh tulisan. Makin menarik sebuah judul. Makin besar kemungkinan pengunjung akan membacanya.

Untuk membuat judul yang unik dan memancing keingintahuan orang, anda harus mengerahkan seluruh imajinasi. Kreatiflah. Bayangkanlah anda menjadi pengunjung blog. Tanyailah diri anda sendiri: apakah judul itu sudah menarik? Bila belum, ganti segera.

Judul sebaiknya dibuat lebih dahulu kerena ia semacam janji ada kepada pembaca. Tugasnya memberitahu manfaat yang hendak anda berikan kepada pengunjung sebagai barter waktu mereka yang terbuang untuk membaca posting anda. Janji itu pasti dibuat lebih dulu sebelum ditunaikan bukan?

Menulis isi lebih dulu hanya akan membuat anda berusaha menepati sesuatu yang belum anda janjikan. Memenuhi janji yang belum anda tetapkan lebih dulu juga lebih sulit dan cenderung menghasilkan judul yang “maksa”. Sebaliknya, dengan memikirkan judulnya dulu, membuat semacam janji, tulisan anda akan lebih terfokus terstruktur dan renyah.

Setelah judul didapat barulah anda menuliskan kalimat berikutnya, pembukaan (lead). Ini bagian yang tak kalah penting dibanding judul. Kalimat pembuka yang memble setelah judul yang kuat ibarat mengundang orang masuk ke rumah, tapi lalu membenturkan wajahnya tepat di pintu, karena itu, para penulis kawakan biasa berpikir seharian untuk mendapatkan kalimat pembuka yang juga “keren”.

Anda bisa mecoba beberapa contoh, Misalnya kalimat bertanya, seperti yang saya pakai di awal tulisan ini. Ini lead yang paling mudah. Pertanyaan akan memancing orang menemukan jawabannya di dalam tubuh tulisan.

Anekdot/humor atau kutipan juga bisa menjadi lead. Anekdot membut orang tertawa. Kutipan terutama dari orang terkenal membuat pembaca tertarik. Anda juga bisa memilih lead yang mengajak pembaca membangun imajinasi. Miasalnya kalimat ini.“Bayangkan sebuah malam di kutub utara. Angin mencubit kulit. Seorang perempuan telanjang” Analogi dan metafora juga bisa jadi lead yang atraktif. Begitu pula dengan cuplikan data atau statistik Contohnya, “Dua dari tiga Suami di Jakarta Pernah Berselingkuh dengan Anak SMA”

Begitulah Postingan kali ini yang akan membuat anda lebih semangat lagi membuat postingan yang keren dan nendang.

0 komentar:

Dí lo que piensas...