Bagaimana membuat postingan yang keren dan nendang
ke pengunjung blog? Begitulah pertanyaan beberapa kawan tentang
kesulitan membuat tulisan yang memancing pengunjung datang ke blog
mereka. Bukan hanya blogger pemula yang menemui kesulitan ini. Blogger
kawakan pun tak jarang menjumpai masalah yang sama.
Pertanyaan
itu sbetulnya sama saja dengan pertanyaan bagaimana menulis yang bagus.
Jawabannya, ya. Gampang-gampang susah. Tapi bukan tak mungkin hal itu
dipelajari. Saya akan berbagi sedikit tip tentang Bagaimana Membuat Postingan Keren dan nendang.
Pertama-tama,
tentu saja membuat judul yang dahsyat-alasan terpenting pengunjung
tertarik dan membaca tulisan anda. Tanpa judul yang menggoda dan
memancing perhatian, pengunjung kemungkinan besar akan melewatkan isi
tulisan berikutnya dan seluruh pekerjaan anda jadi sia-sia. Kecuali anda
memang sudah dikenal sebagai blogger kondang dan jago menulis “contoh seperti ini Tutorial Blog 2011 ”.
"Tanpa judul yang menggoda dan memancing perhatian, pengunjung kemungkinan besar akan melewatkan isi tulisan berikutnya dan seluruh pekerjaan anda sia-sia."
Judul
itu penting karena statistik menunjukkan 8 dari 10 orang mula-mula
memperhatikan judul posting, tapi hanya 2 dari 10 orang yang akan
meneruskan membaca seluruh tulisan setelah itu. Judul yang kuat akan
menentukan efektivitas seluruh tulisan. Makin menarik sebuah judul.
Makin besar kemungkinan pengunjung akan membacanya.
Untuk
membuat judul yang unik dan memancing keingintahuan orang, anda harus
mengerahkan seluruh imajinasi. Kreatiflah. Bayangkanlah anda menjadi
pengunjung blog. Tanyailah diri anda sendiri: apakah judul itu sudah
menarik? Bila belum, ganti segera.
Judul
sebaiknya dibuat lebih dahulu kerena ia semacam janji ada kepada
pembaca. Tugasnya memberitahu manfaat yang hendak anda berikan kepada
pengunjung sebagai barter waktu mereka yang terbuang untuk membaca
posting anda. Janji itu pasti dibuat lebih dulu sebelum ditunaikan
bukan?
Menulis
isi lebih dulu hanya akan membuat anda berusaha menepati sesuatu yang
belum anda janjikan. Memenuhi janji yang belum anda tetapkan lebih dulu
juga lebih sulit dan cenderung menghasilkan judul yang “maksa”.
Sebaliknya, dengan memikirkan judulnya dulu, membuat semacam janji,
tulisan anda akan lebih terfokus terstruktur dan renyah.
Setelah
judul didapat barulah anda menuliskan kalimat berikutnya, pembukaan
(lead). Ini bagian yang tak kalah penting dibanding judul. Kalimat
pembuka yang memble setelah judul yang kuat ibarat mengundang orang
masuk ke rumah, tapi lalu membenturkan wajahnya tepat di pintu, karena
itu, para penulis kawakan biasa berpikir seharian untuk mendapatkan
kalimat pembuka yang juga “keren”.
Anda
bisa mecoba beberapa contoh, Misalnya kalimat bertanya, seperti yang
saya pakai di awal tulisan ini. Ini lead yang paling mudah. Pertanyaan
akan memancing orang menemukan jawabannya di dalam tubuh tulisan.
Anekdot/humor
atau kutipan juga bisa menjadi lead. Anekdot membut orang tertawa.
Kutipan terutama dari orang terkenal membuat pembaca tertarik. Anda juga
bisa memilih lead yang mengajak pembaca membangun imajinasi. Miasalnya
kalimat ini.“Bayangkan sebuah malam di kutub utara. Angin mencubit
kulit. Seorang perempuan telanjang” Analogi dan metafora juga bisa jadi
lead yang atraktif. Begitu pula dengan cuplikan data atau statistik
Contohnya, “Dua dari tiga Suami di Jakarta Pernah Berselingkuh dengan Anak SMA”
Begitulah Postingan kali ini yang akan membuat anda lebih semangat lagi membuat postingan yang keren dan nendang.
0 komentar:
Dí lo que piensas...